Tuesday, February 7, 2012

3 Cerita Sejarah Asal Hari Valentine


pasangan cinta


3 Cerita Sejarah Asal Hari Valentine











Cerita ke-1
Sejarahwan menyebutkan bahwa titik awal Valentine day berasal dari era Yunani Kuno, dimana menurut kalender yunani kuno, pertengahan bulan Februari adalah hari penghormatan terhadap pernikahan dewa mereka, Dewa Zeus dengan Hera. Itulah mengapa pada pertengahan Februari selalu dilakukan pesta pora memeriahkan hari kasih sayang para dewa mereka. Sampai pada masa masa keemasan agama Katolik di Eropa pada tahun 496 menetapkan tanggal 14 Februari sebagai hari untuk mengenang jasa-jasa santo Valentinus. Legenda Santo Valentinus yang mengusung perayaan hari Valentine Day dihapus dari kalender gerejawi pada tahun 1969 dalam rangka menghapuskan Santo-santo gadungan yang tidak dikenal asal-usulnya. Namun kata "Valentine Day" sendiri baru tersebutkan secara tertulis pada abad pertengahan (sekitar abad 14) lewat karya sastra Geoffrey Chaucer pada abad ke-14 yang berjudul Parlement of Foules (Percakapan Burung-Burung) :
For this was sent on Seynt Valentyne's day
When every foul cometh there to choose his mate


Cerita ke-2
Sebelum Valentine ditangkap, ia suka memberikan bunga di tamannya pada anak-anak. Saat ia berada di dalam penjara, berbondong-bondong anak-anak mengunjunginya, melempar sejumlah besar bunga segar ke ruang tahanannya. Selama dalam kurungan itu pula, ia berhasil menyembuhkan mata seorang gadis buta, anak penjaga menara, berkat imannya yang teguh dan kasihnya yang besar. Valentine jatuh cinta lalu menulis surat cinta pada sang gadis. Sebelum ia menghadapi saat terakhirnya, sepucuk surat terakhir yang ditandatanganinya, ia tuliskan sebuah kalimat "From Your Valentine" kepada gadis itu. Sebuah ekspresi kasih sayang yang hingga sekarang digunakan banyak orang. Setelah Valentine meninggal, di atas makamnya, tumbuh sebatang pohon ginko warna pink yang berdaun lebat, melambangkan cinta yang abadi.
Cerita ke-3
Valentine adalah seorang pendeta yang hidup di Roma di kerajaan yang saat itu dipimpin oleh Kaisar Claudius yang terkenal kejam. Claudius berambisi memiliki pasukan militer yang besar, ia ingin semua pria di kerajaannya bergabung di dalamya. Namun para pria enggan terlibat dalam peperangan. Karena mereka tak ingin meninggalkan keluarga dan kekasih hatinya.
Lalu Claudius melarang adanya pernikahan. Namun St. Valentine tetap melaksanakan tugasnya sebagai pendeta, yaitu menikahkan para pasangan yang tengah jatuh cinta meskipun secara rahasia. Sampai pada suatu malam, ia tertangkap basah memberkati salah satu pasangan. Pasangan tersebut berhasil melarikan diri, namun malang St. Valentine tertangkap. Ia dijebloskan ke dalam penjara dan divonis hukuman mati dengan dipenggal kepalanya. Mereka melemparkan bunga dan pesan berisi dukungan di jendela penjara dimana dia ditahan.
Salah satu dari orang-orang yang percaya pada cinta kasih itu adalah putri penjaga penjara sendiri. Gadis itu menumbuhkan kembali semangat sang pendeta. Pada hari saat ia dipancung kepalanya, yakni tanggal 14 Februari, St. Valentine menyempatkan diri menuliskan sebuah pesan untuk gadis putri sipir penjara tadi, ia menuliskan Dengan Cinta dari Valentinemu. Orang-orang yang merayakan hari itu mengingat St. Valentine sebagai pejuang cinta.

7 comments:

  1. never have any interest to celebrate valentine.. :)

    ReplyDelete
  2. baru tau ada beberapa versi ttg valentine.. yang penting hari kasih sayang itu setiap hari dg orang2 terkasih karena Allah SWT :)

    ReplyDelete
  3. Ruar biasa, Informasi Saint Valentine yang singkat, padat, dan jelas. Semoga generasi muda sekarang tahu sejarah valentin ini dan tidak asal ikut-ikutan, namun kasih sayang tentu perlu sesuai dengan asma-Nya, Ar Rahman dan Ar Rahim.

    ReplyDelete
  4. ini versi yang lain ya, makasih atas infonya

    ReplyDelete
  5. Nice story... thank for share gan...

    ___________________________
    ditunggu kunjungannya ya di blog ane http://everywordsistomysweetqq.blogspot.com/ terima kasih...

    ReplyDelete
  6. wah jadi tau saia ,,,makasih yah sobat sudah berbagi

    ReplyDelete