<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: Praktek Mengajar Hari ke 2

Wednesday, August 10, 2011

Praktek Mengajar Hari ke 2

3 agustus 2011

Hari pertama mengajar, wuih deg-degan.. Jantung berdetak kencang, nafas ngos-ngosan, kaki cenat-cenut.

Gila, mendadak nian disuruh mengajar. Persiapan tak ada, materi juga tak tahu.
Untung saja ada teman setia ku yang selalu menolong aku.
Papa "JC".
Waktu itu aku langsung berdoa:
"Tuhan, Kau tau kelemahan aku, dan jangan biarkan aku kalah, aku harus berani, aku harus mengajar. Bantu aku menjalani ini semua. Amen"

jam ke-7 & ke-8
kira-kira jam 11.00-12.00
Baru masuk kelas, SyurRrRr.,
darah turun semua dari kepala, asli muka pucat, entah pada kemana darah ini.
Semua mata di kelas tertuju ke aku. Busyet dah..
Untung saja di kelas 7A, katanya kelas unggul. Jadi ya murid-muridnya pendiam dan rada pintar. Mudah di atur.

Kan ada dikasih tugas PR.
Tapi hampir semua murid cowok tak buat PR. Capedeh..
Ada juga satu murid perempuan yang reseh nian.
Kan aku sering meriksa ke semua murid, setiap aku lewat di bangku dia, dia selalu bilang : "ada apa pak...? Ada yang bisa saya banting"
pertama dengar aku sedikit tertawa, eh dia malah keterusan, dalam hati aku pengen bilang : " kau yang pengen aku banting, ribut nian (ez mo chi)"

tapi jangan lah, aku harus jadi guru yang penyabar, nama nya juga masih anak-anak. Anak SMP kan lagi masa-masanya puber, bertingkah aneh (MPO).
Lagi pula nilai aku nanti juga sedikit bergantung pada mereka, kalau mereka ngambek, aku juga yang repot.
Ya kan..

Aku suruh mereka baca dialog (speaking), mengerjakan exercise, baca LKS, mencatat materi.
Tak terasa, sudah satu jam. Bel berbunyi,
waktunya pulang,
horE..hore..
Selesai juga mengajar pertama (PPL hari ke-5, ditambah 4 hari libur berati sudah hari ke-9). Kan kami PPL kira-kira 150 hari berarti masih 141 hari lagi,
hayo SEMANGATZZZ..

4-8-2011

Seharian jadi guru piket dari bel masuk sampai bel pulang. Suntuk banget.
Untung kadang-kadang ada guru yang mampir di meja piket, & cerita-cerita. Satpam nya juga enak diajak cerita.

Kan setiap bel berbunyi, yang piket periksa kelas yang tidak ada guru nya, menyuruh mereka masuk kelas. 

Ada juga murid yang bertanya : Apa bahasa inggris nya dinosaurus?
Dalam hati aku: "meneketehe" dikamus tak ada.
Tapi aku harus "stay cool"
langsung aku alihkan ke siswa yang lain. Ckck

ada juga satu murid yang bertanya terus, padahal ada kamus dimejanya. Nah ini anak, ngetes aku kayaknya. Aku bilang ke dia : "mangkanya sering-sering baca kamus" (ngelak)

pepatah bilang : "guru yang pintar adalah guru yang bisa menutupi kebodohannya"

No comments:

Post a Comment

Dilarang memasang link aktif. Karena pasti akan admin hapus.