<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: Malaikat Pelindung (Guardian Angel)

Saturday, November 17, 2012

Malaikat Pelindung (Guardian Angel)


Malaikat Pelindung adalah malaikat yang memiliki tugas untuk melindungi dan membimbing seorang manusia. Kata malaikat (Inggrisnya Angel, latinnya Angelus, Yunaninya Angelos) merupakan terjemahan dari kata bahasa Ibrani Ma’lakh. Secara harafiah kata ini berarti “utusan (Tuhan).” Kepercayaan bahwa Tuhan mengirimkan Roh atau Malaikat untuk melindungi seorang manusia merupakan sebuah kepercayaan yang tersebar luas pada filsafat Yunani kuno. Plato juga menuliskannya pada dialognya Phaedo.
Percayakah anda bahwa setiap manusia itu ada yang menjaga? “teman setia” Bahwa setiap manusia mempunyai malaikat pelindung? Saat ini kepercayaan tentang malaikat pelindung mulai menjadi kepercayaan masyarakat eropa dan amerika seiring tumbuhnya tingkat spiritualitas dan minat mereka terhadap spiritual dan nilai-nilai agama.
Malaikat pelindung anda adalah teman terdekat anda dan selalu berada disamping anda untuk mendukung anda. Mereka menginspirasi anda secara tidak sadar dan sadar, ketika anda mencari jawaban yang tampaknya sulit dari jangkauan anda, mereka mendorong anda ketika anda tidak dapat mengambil langkah berikutnya dan mereka mencintai kita bahkan ketika kita tidak mengasihi diri kita sendiri. Jumlah malaikat pendamping anda bisa satu atau bahkan lebih.

Hal ini relevan dengan beberapa kepercayaan agama bahwa manusia itu ada yang mendampingi seperti Islam, Kristen juga pada kepercayaan agama Jawa kuno yang lebih dikenal dengan komunikasi Kakang Kawah Adi Ari-ari.

Islam
Didalam Islam lebih dikenal dengan nama malaikat Hafazhah atau penjaga. Para malaikat yang ditugaskan menjaga seorang hamba dalam segala kegiatannya. Para malaikat itu disebut Mu’aqqibat, sebagaimana yang diberitakan Allah dalam firmannya: Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. (Ar-Ra’du,10-11)
Katolik
Malaikat Pelindung ialah Malaikat yang ditugaskan (Tuhan) untuk menjaga dan melindungi seseorang. Tugas atau perannya ialah: membantu kita dalam perjalanan ke surga; menolong kita untuk bekerja sama dengan kehendak Allah; dan menjaga kita agar tidak jatuh ke dalam dosa. Singkatnya, mereka bertugas untuk memimpin atau menuntun kita, jika kita menghendaki, menuju Kerajaan Allah.
Dalam Perjanjian Lama, (Henokh 100:5) berkata bahwa mereka yang bajik memiliki malaikat pelindung. Dalam Injil (Matius 18:10). Dalam kitab Mazmur 90:11, “sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.”
Dalam Perjanjian Baru, Yesus mengajarkan: “Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.”(Mat 18:11) Maka kita mengetahui bahwa Allah mengirimkan malaikat-Nya untuk menjaga manusia, bahkan anak-anak kecil.
Dalam trasisi Gereja, istilah malaikat telah dipakai untuk menunjuk kepada seluruh makhluk spiritual yang diciptakan oleh Tuhan. Sebagian lagi diberikan kuasa untuk memerintah atas kuasa-kuasa alam. Dan sebagian lagi berfungsi sebagai utusan yang kadang menampakkan diri dalam rupa manusia. Dari penjelasan ini nampak jelas kiranya betapa ada banyak malaikat di dunia ini. Hanya saja yang lazim kita kenal ialah Gabriel (kekuatan Allah), Michael ( yang menyerupai Tuhan), Rafael ( Allah menyembuhkan), termasuk Lucifer (Pelawan) yang bertugas membawa dosa-dosa kita manusia di hadapan pengadilan terakhir dan para malaikat pelindung kita.
Maka Katekismus Gereja Katolik mengajarkan:
KGK 336     Sejak masa anak-anak (Bdk. Mat 18:10) sampai pada kematiannya (Bdk. Luk 16:22) malaikat-malaikat mengelilingi kehidupan manusia dengan perlindungan (Bdk. Mzm 34:8; 91:10-13) dan doa permohonan (Bdk. Ayb 33:23-24; Za 1:12; Tob 12:12). “Seorang malaikat mendampingi setiap orang beriman sebagai pelindung dan gembala, supaya menghantarnya kepada kehidupan” (Basilius, Eun. 3, 1).
Dalam buku Fundamentals of Catholic Dogma, oleh Dr. Ludwig Ott (p. 120), dikatakan tentang peran para malaikat yang baik, yaitu: 1) Tugas utama para malaikat yang baik ini adalah memuliakan dan melayani Tuhan; 2) Tugas sekunder dari para malaikat yang baik adalah melindungi manusia dan memperhatikan keselamatannya; 3) Setiap umat beriman mempunyai malaikat pelindung yang khusus sejak Baptisan.
Kepercayaan akan adanya malaikat pelindung merupakan bagian tak terpisahkan dari agama Katolik Roma. Untuk menghormati para malaikat, maka Pesta Malaikat Pelindung dirayakan pada tanggal 2 Oktober.

Jadi berteman dengan Malaikat Pelindung sama sekali bukan perbuatan musrik, bahkan amat perlu. Maka mulai sekarang, sapa dan belajarlah berkenalan dengan dia melalui doamu. Kita boleh memberi nama Malaikat Pelindung kita sendiri sesuai dengan pilihan kita masing-masing.
Anda dapat memanggil malaikat yang Anda inginkan untuk datang kepada Anda, tidak ada batasan. Hanya mengatakan "Malaikat atau apapun sebutan, datang ke saya sekarang" dan mereka akan berada sisi Anda sebelum Anda selesai mengungkapkan keinginan anda.
Tips sederhana yang bisa anda latih untuk berkomunikasi dengan malaikat pelindung anda:
-Luangkan waktu sejenak untuk diri sendiri tenang, tutup mata Anda dan mengambil beberapa napas dalam-dalam. Kemudian panggil malaikat Anda (silahkan sebut nama kesayangannya apapun itu, beri ia sebuah nama). Anda mungkin akan merasakan semilir angin, mendengar desir bulu atau mungkin merasa ringan pada pipi Anda.
-Mintalah malaikat anda untuk membantu berbagai kesulitan anda, bicaralah sepenuh hati ajak mereka bersama dengan anda menyelesaikan masalah yang sedang anda hadapi.