<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: Manfaat dan Efek Buruk Debat Bagi Kesehatan

Thursday, December 6, 2012

Manfaat dan Efek Buruk Debat Bagi Kesehatan


Manusia dalam hidupnya tidak akan bisa menghindari pertentangan dan silang pendapat dengan orang lain. Baik dalam urusan-urusan agama, negara, ekonomi, budaya, politik, hukum, atau yang lainnya. Debat adalah jalan terbaik untuk membuktikan kebenaran yang dipegangnya.
Debat memiliki beberapa mamfaat, diantaranya sebagai berikut:
1. Membuat pendebat dapat menguatkan pendapatnya dan membuat lawan bicaranya menerima akan hal itu.
2. Melatih akal supaya mampu mencari premis-premis yang diinginkannya.
3. Kefasihan bicara, mutlak dimiliki para pemimpin.

4. Dan ilmu ini tidak lagi menjadi milik sekelompok orang saja. Atau milik penguasa atau politisi. Namun para entrepreneur juga membutuhkan ilmu ini dalam mempengaruhi orang lain. Jadi ilmu ini tidak saja sebagai alat mempengaruhi rakyat bagi para politisi dan pemerintah . Namun juga beguna bagi para pelaku bisnis dalam memasarkan produknya pada konsumen.

5. Tujuan dari debat sendiri adalah upaya kedua belah pihak yang mencoba membangun suatu kasus dengan didukung oleh argumen–rgumen yang mendukung kasus mereka dimana cara membuat satu argumen yang baik dan benar adalah suatu argumen selalu berdasarkan pada pertanyaan–pertanyaan dasar berupa; Apa (What),Mengapa (Why), Bagaimana (How), dan Kesimpulannya (So What is The conclusion). Di sini selain diperlukan kemampuan berbahasa yang baik dan benar juga dibutuhkan pula logika dan analogi pola pikir yang benar mengenai pengetahuan pengetahuan umum atau kasus – kasus yang sedang terjadi. Selain hal–hal tersebut juga diperlukan kemampuan merespon suatu masalah (rebuttal) dikarenakan disini terjadi adanya suatu proses saling mempertahankan pendapat antara kedua belah pihak.

Efek Buruk Berdebat Bagi Kesehatan

  1. Jantung berdebar-debar, andrenalin sangat terpacu saat mencoba mencari dan menyerang kelemahan dari argumen lawan. Aliran darah terasa melaju kencang ke kepala. Bisa dibayangkan jika ini dialami oleh penderita tekanan darah tinggi, bisa-bisa kena stroke, bukan?
  2. Sulit tidur/Insomnia. Meskipun perdebatan telah usai, tapi biasanya detail perdebatan tersebut terus berkecamuk di dalam kepala. Dan gawatnya ini sering terbawa hingga waktu tidur.
  3. Stress!! Kalah dalam berdebat akan memberikan efek stress bagi orang yang mengalaminya. Begitu juga bagi pihak yang menang dalam perdebatan. Karena seringnya pemenang debat masih terus mencari kekurangan pihak lain meskipun telah 'menang'.