<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: Peneliti Menemukan Bahaya Efek Samping Mengonsumsi Obat Tidur

Thursday, April 18, 2013

Peneliti Menemukan Bahaya Efek Samping Mengonsumsi Obat Tidur

Susah tidur telah menjadi problem kesehatan yang umum dewasa ini. Kurangnya gerak tubuh dan stres pikiran merupakan beberapa penyebab susah tidur. Biasanya obat tidur akan di konsumsi oleh mereka orang-orang yang mengalami susah tidur, dimana mereka akan merasakan tidur lebih nyenyak dari sebelumnya setelah minum obat tidur. Industri kesehatan tidak melewatkan kesempatan yang menguntungkan ini dengan menyediakan obat tidur, baik yang didapat dengan resep maupun bebas. Ya, susah tidur telah menjadi peluang bisnis.

Dan apa yang Anda lakukan ketika mengalami gejala susah tidur atau insomnia? Jika selama ini Anda selalu memanfaatkan obat tidur, maka mulai sekarang Anda mempertimbangkan kembali kebiasaan tersebut. Sebab insomnia sebaiknya diobati dengan cara mencari penyebab dan mengatasinya. Karena tahukah Anda mengonsumsi obat tidur ternyata dapat menyebabkan kematian. Ya… begitulah hasil penelitian para ilmuwan baru-baru ini. Para peneliti pun tidak menyarankan seseorang yang mengalami insomnia untuk mengandalkan obat tidur, karena obat tersebut ternyata membuat Anda semakin kecanduan dan tidak menyelesaikan masalah insomni yang Anda alami.
Efek Samping
Berikut beberapa efek samping mengonsumsi obat tidur:
1. Ketergantungan
Setelah terbiasa minum obat tidur, seseorang akan bergantung padanya secara fisik dan emosional. Singkatnya, Anda tidak akan bisa tidur tanpa minum obat pada waktu tidur.
2. Batas toleransi yang meningkat
Jika seseorang mengonsumsi setiap hari maka tubuh akan terbiasa. Hal ini berarti dosis yang biasa diminum mungkin tidak akan ampuh yang membuat orang perlu dosis lebih tinggi agar bisa bekerja. Umumnya seseorang hanya bisa toleransi dosis yang sama selama 3-14 hari.
3. Rasa kantuk yang tak tertahankan
Terkadang efek mengantuk yang ditimbulkan dari pil tidur ini bisa berlangsung lama, sehingga menimbulkan rasa kantuk tak tertahankan keesokan harinya. Kondisi ini tentu berbahaya jika seseorang harus mengemudi atau mengendalikan mesin.
4. Rasa bingung ketika terbangun
Obat tidur bisa menimbulkan efek rasa mengantuk dan bingung ketika terbangun di malam hari, misalnya orang terjatuh ketika terbangun untuk ke toilet. Beberapa orang bahkan ada yang terjatuh dari tangga karena efek mengantuk dari obat ini. Orang tua yang konsumsi obat ini mengalami peningkatan risiko patah pinggul.
5. Napas perlahan dan kurang dalam
Obat tidur membuat seseorang bernapas perlahan dan kurang dalam. Obat-obat ini tidak sehat untuk pasien asma. Orang dengan gangguan pernapasan juga harus menghindari minum pil yang menginduksi tidur. Bagi mereka yang bermasalah dengan jantung, obat tidur bisa menekan sistem pernapasan yang akan memperburuk masalah pernapasan saat tidur.
6. Mempengaruhi nafsu makan
Minum obat tidur mempengaruhi nafsu makan. Gangguan dari ritme sirkadian karena mengonsumsi obat tidur menyebabkan perubahan dalam semua fungsi metabolisme, terutama nafsu makan.
7. Parasomnia
Parasomnia adalah efek samping yang umum dari beberapa obat tidur yang kuat. Misalnya, Anda akan melihat dinding gemetar dan kepala berputar.
8. Mimpi aneh
Selama tidur diinduksi, seseorang mungkin mendapat mimpi yang tidak biasa seperti berjalan dalam tidur, ketidakstabilan, bercinta atau berjalan di tanah.
9. Lemas hingga pingsan
Efek samping lain dari obat tidur antara lain pingsan, sakit kepala dalam, pusing di pagi hari, haus, kelelahan dan lemas.
10. Lemas hingga pingsan
Efek samping lain dari obat tidur antara lain mulut kering, pusing dan sakit kepala, nyeri otot, sembelit, dan insomnia lanjutan. Sisi buruk lain bagi Anda yang mengalami alergi juga bisa membuat wajah menjadi bengkak.


Insomnia sebenarnya bukan penyakit, maka dari itu insomnia tidak disembuhkan dengan cara memberikan obat-obatan. Selain itu, ketika sudah merasakan adanya gejala insomnia, jangan langsung memanfaatkan obat tidur. Sebab penelitian menunjukkan bahwa konsumsi obat tidur berlebihan akan berisiko menidurkan Anda untuk selamanya!!!