<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: 10 Tips dan Trik Kiat Untuk Lulus dan Sukses Tes CPNS

Thursday, May 9, 2013

10 Tips dan Trik Kiat Untuk Lulus dan Sukses Tes CPNS

1. Cobalah untuk mengikuti tes CPNS sebanyak mungkin. Sebab, dengan mengikuti lebih banyak tes CPNS, Anda lebih terlatih untuk menghadapi tes CPNS. Dengan begitu, peluang Anda untuk lulus pun semakin besar. Apabila tidak lulus tes, jangan cepat menyerah. Sebab, banyak yang lulus ketika sering mencoba mengikuti tes CPNS.
2.       2. Cobalah mengutamakan untuk mengikuti tes CPNS yang lebih berpeluang besar. Biasanya, peserta tes CPNS untuk menjadi pegawai di Pemkab/Pemkot/Pemprov umumnya lebih banyak dibandingkan dengan peserta tes CPNS di instansi Departemen Pusat. 




3.       3. Belajarlah dengan serius dan sungguh-sungguh. Jangan mengandalkan belajar dengan sistem kebut semalam. Cobalah belajar minimal satu jam selama seminggu dari buku-buku contoh tes CPNS.
4.      4.  Lengkapi semua informasi tentang instansi pemerintah yang anda lamar. Jangan sampai Anda tidak lulus lantaran terlambat mendaftar atau belum melengkapi persyaratan yang diminta.
5.      5.  Jangan lupa untuk melakukan survei lokasi tes, sehari sebelum tes diadakan. Pastikan dimana tempat duduk Anda. Jangan sampai Anda kehabisan waktu untuk mencari lokasi saat tes berlangsung.
6.      6.  Jangan terlambat saat datang ke lokasi tes. Apabila Anda terlambat maka peluang untuk lulus tes CPNS semakin berkurang. Anda pun akhirnya tidak bisa berkonsentrasi untuk menjawab semua soal. Jadi, sebaiknya Anda datang satu jam lebih awal dari jadwal tes yang sudah ditentukan.
7.       7. Jangan lupa membawa perlengkapan tes, seperti pulpen, pensil, penghapus, alas, dan lainnya yang mendukung Anda untuk mengerjakan tes CPNS.
8.      8.  Sebelum mengerjakan soal, perhatikan semua petunjuk soal, seperti cara menjawab, waktu yang tersedia, dan sebagainya. Jangan sekali-sekali mengganggap gampang petunjuk soal. Sebab, jika Anda tidak memahami soal, jawaban yang Anda pilih juga bepeluang besar.
9.       9. Setelah Anda memahami petunjuk soal, sekarang saatnya Anda mengerjakan soal. Jika masih tersedia waktu (apabila Anda sudah selesai mengerjakan soal), periksa kembali jawaban Anda.
10.   10. Poin terakhir dan yang terpenting adalah doa. Sebab, seberapa pun kuatnya Anda berusaha, apabila tanpa doa, sulit sekali Anda untuk bisa menjadi PNS. Jadi, berdoalah dengan sungguh-sungguh agar Anda bisa diterima menjadi PNS. Amin...