<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: Bahaya Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Saturday, July 6, 2013

Bahaya Menggunakan Laptop Tanpa Baterai


Saat ini, laptop sudah merupakan perangkat penting. Di saat kita sedang beraktivitas menggunakan laptop dan kemudian baterai habis, kebanyakan orang mencharge laptopnya sambil mengoperasikan laptop. Banyak sekali opini bahwa bermain laptop sambil charge dapat membuat baterai cepat drop dan kembung. 

Tetapi ada juga pendapat yang mengatakan justru kalau bermain laptop lansung dari listrik tanpa menggunakan baterai justru merusak perangkat-perangkat laptop. Jika menghidupkan laptop lansung dari listrik dan tanpa baterai, listrik akan lansung menuju ke hardware tanpa melakukan penyesuaian tenaga, sehingga hardware menerima tegangan listrik yang berlebihan dan mempercepat kerusakan.

            Selain menyimpan daya, baterai juga menyesuaikan arus yang masuk ke komponen agar tidak terlalu tinggi. Jika terjadi mati lampu dan listrik PLN yang tidak stabil, tentu sangat membahayakan motherboard dan hardisk. Lebih baik baterai laptop yang mengalami kerusakan dari pada motherboard ataupun hardisk yang harganya jauh lebih mahal di bandingkan baterai. Lagi pula kinerja baterai laptop biasanya akan menurun di usia 2-3 tahun. 

            Kalau hanya untuk pemakaian sehari-hari sebaiknya memakai baterai, untuk menghindari kehilangan data dan kerusakan system apabila listrik mati secara tiba-tiba. Baterai yang terpasang juga melindungi hardware dan juga modul-modul hardware lainnya dari lonjakan listrik yang ekstrem, misalnya akibat ada petir yang menyambar. Maka sebaiknya tetap menyalakan laptop dalam keadaan baterai terpasang untuk menghindari risiko yang lebih buruk.

3 comments:

  1. nice sharing sob..
    anna singgah lawat sob :)

    ReplyDelete
  2. sebenernya, gk pa2 kok laptop langsung ke stop kontak, tnpa pakai baterai. asalkan listriknya stabil. Kalok sy biasanya lepas baterai saat maen game, karena laptop lebih cepat panas dan panas itulah yg dapat membuat rusak baterai...

    ReplyDelete
  3. Thanks atas Sharingnya ya ..
    Sehat dan Bahagia Selalu. Amin.

    ReplyDelete

Dilarang memasang link aktif. Karena pasti akan admin hapus.