<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: Perjuangan Menulis Skripsi Ku (Fkip Bahasa Inggris)

Tuesday, August 13, 2013

Perjuangan Menulis Skripsi Ku (Fkip Bahasa Inggris)

Bermula di bulan februari 2012 dimana waktu itu aku mulai mengajukan judul ke dosen Pembimbing Akademik (PA) dengan inisial ibu "I.A". Butuh waktu sekitar satu bulan untuk meyakinkan beliau untuk menyetujui judul skripsi aku. Sekitar bulan april 2012, akhirnya judul skripsiku di terima PA aku. 

Dan waktu itu aku harus berangkat Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Terusan kecamatan Bulian selama 2 bulan. Saat itu PA aku belum memberikan aku dosen pembimbing skripsi (PS). Padahal teman-temanku ada yang hanya 2 hari setelah judul diterima, langsung di kasih dosen pembimbing. Tapi aku, 2 bulan baru di kasih dosen pembimbing yaitu pada bulan juni setelah aku selesai masa KKN. Aku hanya bisa bersabar. 

     Setelah pulang dari KKN, aku langsung menyusun proposal skripsi aku. Dan aku berikan ke dosen pembimbing ke-1 aku, yaitu inisial "R.N". Kebetulan beliau satu suku dengan aku, yaitu orang batak juga. Beliau berkata: kalau ingin bimbingan dengannya harus 1 minggu dulu dibacanya. Waduh, sepertinya butuh waktu yang lama untuk bimbingan. Waktu itu sering aku bertanya kapan bisa bimbingan, namun dia berkata: kalau dia lagi sibuk mengurus nilai mahasiswa junior. Karena waktu itu memang akhir-akhir semester. 

     Sekitar satu bulan berlalu, beliau akhirnya menyuruh aku untuk datang ke rumah beliau untuk bimbingan pertama. Aku datang dengan oleh-oleh buah-buahan. Namun tak disangka, beliau memarahi ku habis-habisan. Dikarenakan aku dengan polosnya menunjukan kartu kontrol yang sudah 2 kali ditanda-tangani oleh dosen pembimbing skripsi ke-2 (PS2) aku yang berinisial ibu "D.V". Wah, habis aku kena marah bu "R.N" gara-gara aku lancang bimbingan ke PS2 dulu sebelum bimbingan ke PS1. Karena memang peraturannya, mahasiswa harus bimbingan ke PS1 dulu baru bisa bimbingan ke PS2. Saat itu mataku berlinang air mata, menahan tangis. Aku hanya bisa menyesal, mengingat kepolosanku. Aku memang sangat bodoh sekali. Dan beliau juga menyuruh aku untuk melengkapi proposal hingga ke bab 3. Karena memang waktu itu aku baru menyusun bab 1 dan 2. Jadi saat itu, itu belum bisa dikatakan bimbingan pertama.

     Baru lah tanggal 3 agustus 2012, beliau bersedia bimbingan pertama di rumah beliau. Saat itu aku telah menyusun dari bab 1 hingga 3. Tanggal 28 November 2012 aku minta tanda tanggan approval seminar ke PS1 dan juga dari PS2, aku langsung daftar seminar dan bayar uang 100.000. Puji Tuhan, tak sia-sia aku menunggu dari jam 8 – 1 tahan lapar dan tahan kantuk. Tadi kata PS1, dia ragu tanta tangan approval seminar aku, takut jadi bulan-bulanan (di ejek) dosen penguji. Hahaha. Aku saja ragu, tapi mau tak mau aku harus maju terus, tantangan harus dihadapi. Perjuangan terus berlanjut, hingga aku seminar tanggal 11 desember 2012. Lumayan tanggal cantik. Aku seminar jam 11, setelah teman sekelasku berinisial "D.N" seminar di jam 9.

     Lalu setelah seminar aku sibuk merevisi proposal aku, karena lumayan banyak yang harus diperbaiki. Aku tak bisa langsung bimbingan lagi dengan "R.N", karena beliau ingin pulang kampung natalan. Pusing kepala aku saat itu, dilema. Dan saat itu beliau memintaku untuk menjaga rumahnya, selama beliau dan keluarganya pulang kampung. Dan beliau pulang kampung dari tanggal 24 Desember 2012 hingga 6 Januari 2013, selama 14 hari. Lumayan suntuk dan bosan aku sendirian menjaga rumah beliau, bersama seekor anjing kesayangan beliau yang bernama dipsi.  

     Satu minggu setelah beliau tiba di jambi, baru lah aku bisa bimbingan lagi dengan beliau. Dan 2 hari setelah bimbingan, baru beliau menanda-tangani surat izin penelitian. Namun tak disangka, ketua jurusan berinisial ibu "Y.D" sedang study tour ke jakarta. Jadi aku harus menunggu 1 minggu. Namun saat "Y.D" telah pulang ke jambi, namun beliau tak kunjung datang ke kampus karena sakit. Lalu akhirnya kami meminta izin ke wakil ketua jurusan berinisial ibu "A.W". Lalu hari itu juga meminta tanda tangan Pembantu Dekan 1 berinisial bu "Z". Akhirnya selesai juga urusan surat izin penelitian, jadi besok sudah bisa penelitian skripsi ke sekolah SD dekat rumah ku. 

     Dari tanggal 15 januari 2013 hingga 18 Februari 2013 aku melakukan penelitian di salah satu Sekolah Dasar di daerah Patimura, Jambi. Tanggal 18 Februari 2013 pagi hari, aku baru mendapatkan tanda tangan telah menyelesaikan masa penelitian dari kepala sekolah. Siangnya aku kembali memberikan proposal aku ke dosen PS1 dari bab 1-5 dan lengkap dengan appendixes. Namun beliau berkata tidak percaya kalau aku sudah selesai penelitian, dan proposal aku dianggap tidak benar. Saat itu ketakutan mulai menghantui ku.
Ketakutan pertama: bisa jadi dosen PS1 menyuruh aku untuk mengulang penelitian.
Ketakutan kedua: bisa jadi nilai skripsi aku dijatuhkan.
Ketakutan ketiga: aku dipersulit atau diperlama untuk ujian. Ditambah lagi mungkin beliau masih marah soal aku yang telah lancang ke PS2 dulu baru ke PS1. Aku tak tahu apa yang akan aku hadapi nantinya. Yang ku tahu, aku hanya bisa pasrah dan tetap berdoa kepada Tuhan Allah. Semoga tetap ada jalan keluar di setiap cobaan dan ujian. Amien. . .

     Lalu tanggal 4 Maret 2013 pagi ke kampus, tak bosan-bosannya aku nunggu PS1. Aku dan teman yang lain, kami temui ibu itu di ruang G15. Tak disangka ibu itu tidak marah, aku kira curiga ibu itu ke aku. Katanya hari kamis aku bimbingan di prodi. Puji Tuhan, jadi tenang hati. Dan pada tanggal 12 Maret 2013 pagi aku ke rumah PS1, mau bimbingan. Ramai, 7 orang mahasiswa yang mau bimbingan . Puji Tuhan skripsi aku tak ada masalah, hanya disuruh perbaiki lagi. Salah satu temanku berinisial “D.S” sudah disuruh PS1 untuk bimbingan ke PS2, dan ada peluang dia bisa wisuda bulan 4. Sedangkan aku dan satu teman ku lagi berinisial “F.G.T” belum diperbolehkan bimbingan ke PS2, masih disuruh di revisi lagi. Saat itu aku down, putus asa. Aku merasa dunia tak adil. Aku yang kasih proposal 2 minggu lebih awal dari teman aku “D.S”, tapi dia yang lebih dulu bimbingan ke ke PS2. Malamnya langsung aku perbaiki skripsi aku.

     Tak disangka tanggal 20 maret 2013 setelah selesai mandi tiba-tiba PS1 sms aku tanya siapa PS2, dan penguji. Aku bingung, ada apa ya. Lalu salah satu temanku berinisial “G.M.B” menelpon aku, suruh aku ke kampus. Puji Tuhan, tak ku sangka PS1 aku menyuruh aku ujian. Kebut aku ke kampus, lalu aku lihat jadwal aku ujian hari jumat tanggal 22 maret 2013 jam 13.30-15.30. Lalu aku, dan “F.G.T” sibuk mengurus dan melengkapi syarat-syarat ujian. Lalu aku ketik power point untuk ujian, 2 jam selesai. Lalu pada tanggal 21 maret 2013 aku ke kampus, daftar dan bayar ujian 300.000, tinggal menuju sidang ujian skripsi besok siang.

     Dan tibalah waktunya pada tanggal 22 maret 2013. Eh tak tahunya PS1 menelepon aku untuk segera datang ke kampus, mendadak dipercepat ujian. Beh, pontang panting aku terburu-buru. Lalu aku langsung ke kampus, awin bonceng mama karena banyak barang. Pas sampai di kampus, untung dosen masih makan. Dan puji Tuhan semua dosen datang termasuk PS2 yang hamil tua. Dan aku santai pas ujian, tak di bantai. Sedikit pertanyaan, banyak sugesti. Dosen mau cepat pulang jadi ujian hanya 1 jam selesai. Sedikit revisi, dapat nilai B. Jadi lah. Akhirnya terdaftar nama aku di pendaftaran wisuda di situs siakad Unj@. Tinggal melengkapi bahan di baksi, dan bayar biaya wisuda. 

     Hingga tiba lah saat-saat yang paling dinantikan pada tanggal 30 April 2013. Jam 4 subuh mama sudah bangun, 4.30 awin antar mama ke salon. Jam 7.30 aku, adik, mama, kakak, dan bapak berangkat ke balairung UNJ@. Untung jam 1 sudah selesai acara wisudanya. Kami sekeluarga berfoto di stand studio di samping balairung. Akhirnya wisuda juga aku, setelah lama aku nanti. 
 

Puji Tuhan. Terima kasih Tuhan. Aku juga tak lupa mengucapkan terima kasih untuk dosen PS1 aku ibu “R.N” dan PS2 ibu“D.V” yang telah bersedia membimbing aku dalam menulis skripsi. Dan aku juga mengucapkan terima kasih untuk dosen PA aku ibu “I.A” yang telah memberikan saran dan nasehat selam aku kuliah. Dan juga semua dosen penguji dan dosen yang lain, dan tak lupa semua teman-teman di Jurusan Bahasa Inggris Universit@s J@mbi angkatan 2008. Amien...

No comments:

Post a Comment

Dilarang memasang link aktif. Karena pasti akan admin hapus.