<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: 7 Kerajaan Paling Lama Sepanjang Sejarah

Monday, September 9, 2013

7 Kerajaan Paling Lama Sepanjang Sejarah

Sepanjang sejarah, banyak kerajaan yang jatuh dan bangun. Namun ada pula kerajaan yang dapat bertahan lama. Kerajaan apa saja itu ???
7.Kerajaan Portugis, 6.Kerajaan Ottoman, 5.Kerajaan Khmer, 4.Kerajaan Romawi Suci, 3.Kerajaan Venice, 2.Kerajaan Kush, 1.Kerajaan Romawi Timur


 7. Kerajaan Portugis:

Kerajaan Portugis terkenal karena memiliki angkatan laut terkuat sepanjang sejarah.
Kerajaan ini bertahan selama 584 tahun dan merupakan kerajaan yang mampu menguasai 4 benua. Kerajaan Portugis berdiri pada tahun 1415, dan setelah Perang Dunia II, Portugal menyerah kepada Cina. 

6. Kerajaan Ottoman:

Kekuatan Kerajaan Ottoman mencakup 3 benua. Kerajaan ini bertahan selama 623 tahun, dari 1299 sampai
tahun1922. Kerajaan Ottoman dimulai dari wilayah kecil Turki setelah lemahnya Kerajaan Byzantium. Perang Saudara pada awal 1900-an yang diikuti Perang Dunia I menandai runtuhnya kerajaan ini. 

5. Kerajaan Khmer:

Kerajaan Khmer yang beribukota di Angkor berdiri pada tahun 802 saat Jayavarman II mendeklarasikan dirinya sebagai raja wilayah Kamboja. Pada tahun 1432 kerajaan ini terpecah.
Ada teori yang menjelaskan penyebab runtuhnya kerajaan ini karena serangan dari Kerajaan Sukhothai yang menduduki Angkor.

4. Kerajaan Romawi Suci:

Kerajaan Romawi Suci merupakan pecahan dari Kerajaan Romawi Barat dengan titah langsung dari Gereja Katolik Romawi. Kekaisaran ini bertahan dari tahun 962 sampai 1806. Kekaisaran dimulai saat Otto I mendeklarasikan diri sebagai Raja Jerman. Pada tahun 1648, kerajaan ini mulai terpecah-pecah.

3. Kerajaan Venice:


Kerajaan Venesia terkenal dengan angkatan lautnya yang telah menguasai wilayah dari Eropa hingga Mediterania. Venesia berkuasa sepanjang 1.100 tahun, dari 697 hingga 1797. Kerajaan ini berdiri saat Kerajaan Romawi Barat jatuh ke tangan Italia. Ke
mudian Kerajaan Venesia jatuh ketika Napoleon Bonaparte memberikan ultimatum, Doge Ludovico Manin menyerah pada tahun 1797 dan Venice berada di bawah kekuasaan Perancis.

2. Kerajaan Kush:

Kerajaan Kush bertahan dari 1070 SM sampai tahun 350 yang sekarang dikenal dengan Republik Sudan. Diduga kerajaan ini runtuh akibat serangan dari suku gurun, namun para ilmuwan berpendapat keruntuhan tersebut dikarenakan deforestasi yang dilakukan sehingga persediaan kayu mereka menipis. Jadi bisa dikatakan Kerajaan Kush meruntuhkan dirinya sendiri dengan menghabiskan kayu untuk industri tanpa ada penanggulangannya.

1. Kerajaan Romawi Timur:
Kerajaan Romawi tidak hanya kerjaan paling terkenal dalam sejarah namun juga kerajaan yang paling lama bertahan selama 1480 tahun. Kerajaan ini bertahan dari tahun 27 SM sampai tahun 1453. Kerajaan ini menguasai wilayah Mediterania hingga Italia. Kerajaan Romawi Barat pecah pada tahun 476 saat Jerman menyingkirkan Romulus Augustus dari kursi kekaisaran, namun Kerajaan Romawi Timur tetap bertahan.

3 comments:

  1. mohon dimuat sumber tulisan (daftar pustaka). terimakasih

    ReplyDelete
  2. mohon dimuat sumber tulisan (daftar pustaka). terimakasih

    ReplyDelete
  3. daftar pustaka nya dari mbah google, hehehe

    ReplyDelete

Dilarang memasang link aktif. Karena pasti akan admin hapus.