<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: 18 Hewan atau Binatang Paling Setia di Dunia

Tuesday, March 4, 2014

18 Hewan atau Binatang Paling Setia di Dunia

Tidak hanya manusia, ternyata binatang/hewan pun dapat bersikap setia terhadap pasangannya. Mereka melakukan monogami atau kawin pada musim kawin selalu dengan pasangan yang sama, bahkan sampai mati. Wah, romantis sekali ya…
Berikut 18 Hewan paling  Setia di Dunia: 
1. Angsa
Anda pasti pernah melihat foto dua angsa menautkan kepala yang lehernya membentuk hati bukan? Tak jarang lambang angsa selalu ditemukan di undangan pernikahan, sampai pahatan es batu hiasan di resepsi pernikahan. Kurang lebih seperti itulah cerita cinta mereka. Indah, romantis dan kekal. Angsa termasuk hewan yang monogami. Artinya mereka hanya punya satu pasangan seumur hidup mereka. Tak seperti unggas lainnya seperti bebek atau ayam yang perilaku kawinnya sangat mata keranjang.

2. Burung Merpati
Burung merpati atau burung dara (turtle dove) juga sudah terkenal kesetiaannya. Bahkan sastrawan Shakespeare membuat puisi yang diinspirasi dari burung merpati ini ‘The Phoenix and The Turtle. Burung merpati menjadi lambang kesetiaan turun temurun, contohnya adalah di undangan pernikahan biasa ditemukan gambar burung merpati, atau tradisi melepas burung merpati terbang.

3. Tikus Padang Rumput 
 
Sebagian hewan pengerat seperti tikus, terkenal tukang kawin bergonta-ganti pasangan. Namun hal ini tidak berlaku untuk tikus padang rumput. Pasangan yang sudah jadi akan terus saling mendekatkan diri dan merawat satu sama lain, berbagi sarang dan saling membersihkan kotoran bila mereka buang air besar. Pejantan dari tikus jenis ini akan menghabiskan seumur hidupnya bersama betina. Begitupun ketika sang anak lahir, mereka akan bahu membahu merawat anak-anaknya itu secara bergantian. Jangankan main mata dengan betina lain, saking setianya, pejantan ini malah menyerang betina lain yang berani mendekatinya. Wah, benar-benar hebat ya.

4. Buaya
 
Padahal masyarakat sudah terlanjur memaknai buaya sebagai sosok yang buruk moral dan suka bermain wanita seperti halnya julukan ‘buaya darat’. Padahal menurut studi tentang perilaku hewan yang di lakukan oleh Rockfeller Refuge di Louisian selama 10 tahun, di temukan bahwa 70% buaya betina selalu memilih pasangan yang sama setiap kali musim kawin. Walau mereka punya kesempatan besar untuk memilih buaya jantan yang lain, yang sudah berpengalaman maupun brondong. 

5. Ketam Ladam
 
Ketam ini seperti kepiting berekor dan hidup di air payau atau kawasan mangrove. Binatang ini sering ditemukan menempel berpasangan ke mana-mana. Benar-benar setia. Dalam mitologi jawa, jika kebetulan nelayan tak sengaja menjaring satu ketam ladam, maka nelayan tersebut wajib melepaskannya lagi. Karena pasti pasangannya akan mencari-cari. Konon, kalau tidak dilepaskan nelayan tersebut akan terkena sial. Itulah cerita tentang ketam ladam, hewan laut yang terkenal sangat setia dengan pasangannya. 

6. Serigala 
Sering orang salah menggambarkan tentang serigala. Pada film-film, binatang buas satu ini sering jadi ikon antagonis. Akibatnya orang-orang mengidentikkan sifat serigala itu sebagai kejelekan, kelicikan dan suka menipu. Padahal sebenarnya serigala itu termasuk binatang yang setia dan penyayang terutama pada pasangan hidupnya. Ketika telah berpasangan maka ia akan selalu berkomitmen dengan pasangannya itu dan membentuk sebuah koloni keluarga bersama anak-anaknya. Binatang ini memiliki ikatan keluarga yang kuat. Serigala betina hanya kawin dengan seekor jantan, tapi akan cari pengganti jika pasangannya mati, terusir dari kelompok, sakit atau jika pasangannya mandul.

7. Burung Albatros
 
Burung ini dikenal karena kemampuan terbang dan migrasinya melintasi samudera. Namun demikian, betapa jauh mereka terbang, mereka akan selalu kembali ke sarang dengan pasangannya yang sama. Ikatan yang kuat antara albatros jantan dan betina berlangsung hingga seumur hayat. Mereka punya tarian ritual untuk merayakan kedekatan itu, dengan menempelkan paruhnya satu sama lain sambil menggoyang-goyangkan badannya. Sungguh ritual romantisme yang patut dicontoh semua pasangan agar selalu setia.

8. Penyu Hawksbill
 
Para peneliti dari University of East Anglia, Inggris ini menemukan bahwa penyu hawksbill merupakan hewan "setia", yang hidup dengan perilaku monogamy. Luar biasanya lagi, penyu betina sebenarnya mempunyai banyak penampung sperma yang bisa saja digunakan untuk menampung sperma dari banyak pejantan. Namun ia hanya menggunakan satu saja penampung dengan satu pejantan untuk membuahi telurnya. Benar-benar betina setia! 

9. Burung Nasar Hitam 
 
Burung pemakan bangkai ini, menegakkan prinsip monogami yaitu dengan jika ketahuan “selingkuh”, burung pemakan bangkai yang tersebar di Benua Amerika ini akan mendapat serangan dari pasangannya, juga dari teman sekelompoknya.

10. Salamander Punggung Merah 
 
Hewan ini yang gampang naik darah / pecemburu. Pejantan akan langsung menyerang betinanya jika melihat pasangannya selingkuh dengan pejantan lain.

11. Laba-Laba Argiope Aurantia
 
Seperti laba-laba lain, pejantan mati usai senggama karena di makan betina. Namun pejantan Argiope aurantia meninggalkan “kenang-kenangan” sebelum mati, berupa penghalang di saluran kelamin, sehingga betinanya tidak bisa kawin lagi.

12. France Angelfish
 
Dalam ukuran dewasa, anda tidak akan menemukan hewan ini berenang sendirian di lautan. Karena selalu akan ada pasanngan sehidup sematinya yang akan menemaninya. Dengan pasangannya inilah mereka melakukan kegiatan berburu, migrasi dan mempertahankan wilayahnya. 

13. Cacing Parasit 
 
Pelajaran kesetiaan yang terakhir berasal dari dunia renik, yaitu dari cacing parasit bernama Schistosoma mansoni . Telah di teliti bahwa cacing yang bereproduksi di dalam tubuh manusia ini adalah pasangan monogami sejati pada seluruh siklus hidupnya. Mereka akan terlihat menempel satu sama lain kemanapun mereka terbawa aliran darah. 

14. Elang Gundul 
 
Burung pemangsa yang jadi lambang Amerika Serikat ini tergolong setia. Mereka baru akan mencari pasangan baru setelah pasangannya mati.

15. Rayap
Anda mungkin menganggap dalam satu koloni rayap yang banyak itu akan ada banyak pasangan. Karena populasi yang sangat banyak itu perselingkuhan mungkin akan mudah terjadi. Tapi anda salah. Ternyata rayap dapat membentuk ikatan seumur hidup pada pasangannya, terutama rayap ratu dan rayap raja. Seekor rayap ratu dan rayap raja kerjanya hanya membuat anak untuk membentuk masyarakat kerajaannya

16. Anglerfish 
 
Monogami ikan laut dalam ini sangat ekstrem. Saat kawin pejantan menggigit betina sampai darah mereka bercampur, dan sampai si pejantan kehabisan sperma.

17. Penguin 
Banyak kalangan menilai penguin merupakan contoh ideal monogami. Padahal mereka tidak setia-setia amat. Pinguin hanya monogami di satu musim saja.

18. Antelop Afrika 
 
Antelop Afrika memang termasuk pada hewan yang monogami, namun tidak seperti kebanyakan mahluk monogami, antelop jantan tidak membantu betinanya dalam mengasuh anak.
…..

Itulah 18 hewan / binatang yang mempunyai sifat setia / monogamy pada satu pasangan. Satu pelajaran penting bagi manusia adalah, kadang kita harus belajar dari hewan-hewan itu. Bagaimana mereka mempertahankan cinta hingga ajal menjemput. Jadi jika ada manusia yang selingkuh, satu pertanyaan yang pantas ditujukan kepada mereka adalah: “ Hayoo, selingkuh ya.... Hewan saja bisa setia, kenapa anda tidak?”

Hehehehe…………

3 comments:

  1. kalau binatang saja bisa setia sama pasangannya
    manusia harus bisa lebih setia
    nice article

    ReplyDelete
  2. wahhhh sungguhseti ya hewan-hewan tersebut..
    oia untuk Salamander Punggung Merah memang bagimana cara menunjukan rasa cemburu terhadap pasangannya gan?
    terimakasih ;)

    ReplyDelete
  3. biasanya salamander menggigit pasangannya yg ga setia...

    ReplyDelete

Dilarang memasang link aktif. Karena pasti akan admin hapus.