<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: Fase Tidur dan Macam Masalah Gangguan Tidur

Tuesday, July 21, 2015

Fase Tidur dan Macam Masalah Gangguan Tidur


Apakah Anda tahu, jika manusia menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur. Saat tidur, otot manusia dapat istirahat.  Selain itu hormon imunitas dihasilkan dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh. Saat manusia kurang tidur maka kesehatannya akan terganggu, seperti depresi, mudah marah, tekanan darah tinggi, maupun daya konsentrasi yang berkurang.



Aktifitas tubuh saat tidur
Otak saat tidur mengurangi aktifitas sebesar 40 persen. Saat tidur suhu tubuh akan turun, oleh karena itu kita mengeluarkan keringat. Ketika tertidur otot tenggorokan akan menyempit, dan terkadang timbul aktifitas mendengkur. Saat terbangun di pagi hari, biasanya mulut kita terasa kering. Itu dikarenakan saat tidur aliran saliva tempat air liur berkurang. Mengapa kita bisa tidur nyenyak, salah satunya karena tekanan darah kita menurun, dimana denyut jantung berkurang antara 10 hingga 30 denyut per menit. Dan mengapa kita dilarang makan sebelum tidur, itu dikarenakan saat kita tertidur sistem pencernaan kita mengurangi aktifitasnya. Yang mana enzim dan asam lambung tidak berfungsi dan kalori jadi akan menumpuk di lambung.

manusia sedang tidur


5 Tahapan / Fase Saat Tidur:
1. Light Sleep, keadaan otot tubuh manusia mengalami relaksasi. Lebih dikenal dengan tidur ayam, masih mudah untuk terbangun.
2. Deeper Sleep, fase yang mana denyut jantung mulai melambat.
3. Deep Sleep tahap 1, suhu tubuh akan menurun, dan denyut jantung semakin melambat.
4. Deepest Sleep tahap2, keadaan dimana manusia sudah terlelap dalam tidur.
5. Rapid Eye Movement (REM), fase otak manusia memproduksi gelombang otak jenis Alpha. Denyut kembali aktif, disinilah manusia mengalami mimpi. 

Saat tidur, biasanya tubuh akan menjadi lumpuh atau tak bisa bergerak. Agar tubuh manusia tidak mengikuti alur cerita pada mimpi. Karena coba bayangkan jika kita bermimpi dikejar anjing, lalu kita berlari-lari saat tidur. Oleh karena itu saat tidur ada hormon yang mengirimkan sinyal ke tulang belakang kita, yang membuat tubuh kita menjadi rileks dan secara perlahan-lahan akan menjadi lumpuh.

Apakah saat kita tidur, kita dalam keadaan sadar atau tidak sadar?
Ternyata pada saat tidur, kita masih peka terhadap lingkungan di sekitar kita. Contohnya saat seorang ibu yang sedang tertidur lelap, dan tiba-tiba terbangun saat mendengar tangisan bayinya.

Berapa jam waktu yang diperlukan manusia untuk tidur?
Tergantung usia, aktifitas sehari-sehari, dan kesehatan. Bayi memerlukan waktu sekitar 16 jam perhari, remaja 9 jam, dan orang dewasa 8 jam.

Macam-Macam Masalah dan Gangguan Tidur (Sleep Disorder)
Banyak orang yang mudah tertidur, tapi banyak juga orang yang sukar atau mengalami gangguan pada tidur. Gangguan tidur biasanya disebabkan masalah kejiwaan atau psikologis.

Ada banyak jenis gangguan tidur yaitu:
1. Insomnia: penderita mengalami kesulitan untuk tidur dan sering terbangun di tengah malam. Dapat disebabkan oleh stres, pola tidur yang buruk, atau mengkonsumsi obat tertentu.
2. Narcolepsy. Orang yang menderita penyakit narcolepsy dapat tertidur ketika sedang berbicara atau menulis.
3. Sleep Apnea yaitu berhentinya nafas seseorang saat tidur.
4. Mendengkur atau mengorok, yang sering dialami orang dewasa.
5. Hypersomnia: keadaan dimana penderita terlalu banyak tidur, bahkan di siang hari pun tetap ingin tidur.

Setelah mengetahui jenis gangguan tidur, ada baiknya Anda mencari tahu bagaimana caranya untuk mengobatinya. Karena setiap harus memiliki jadwal tidur yang cukup, demi kesehatannya. Hal paling terpenting, usahakan agar Anda tidak mengalami stres.

No comments:

Post a Comment

Dilarang memasang link aktif. Karena pasti akan admin hapus.