<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Saturday, July 11, 2015

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan


Banyak orang yang malu jika menangis, terutama para kaum pria yang menjaga wibawanya. Padahal menangis itu juga ada mamfaatnya. Setelah menangis biasanya orang tersebut akan merasakan nyaman, merasa sedikit lega. Masalah atau beban pikiran akan sedikit terasa berkurang. Biasanya seseorang menangis karena faktor emosi seperti disaat mereka sedih, bahagia, terharu, tertekan, takut, ataupun sedang marah. Dengan meneteskan air mata, kita dapat mengeluarkan energi negatif. 
 
Dan menurut hasil beberapa penelitian, terbukti bahwa menangis itu memberikan mamfaat bagi manusia. Mau tahu apa saja mamfaat bagi kesehatan dari menangis. Berikut ini Bredmart bagikan:
1. Menurunkan Tingkat Stres
Disaat kita menangis, tubuh kita akan mengeluarkan hormon atau bahan kimia yang dinamakan Adrenocorticotrophic (ACTH) yang terbentuk akibat stres. Bahan kimia ini merangsang pembentukan hormon kortisol (hormon stres). Sehingga dengan menangis Anda dapat menurunkan tingkat stres.

air mata menangis


2. Menstabilkan Pikiran
Saat menangis juga mengeluarkan zat yang bernama endorphin atau hormon bahagia yang bertugas untuk menstabilkan pikiran, perasaan dan keseimbangan emosi. Secara psikologis kita akan merasa lebih tegar dalam mengahadapi masalah kita.
3. Mencegah Pilek dan Flu
Sama seperti hidung yang memiliki peindung dari kuman, ata juga memiliki pelindung yang dinamakan zat Lisozim fluida yang mampu membunuh 95% bakteri hanya dalam hitungan menit. Zat Lisozim fluida dihasilkan saat kita mengeluarkan air mata.
4. Detox
Air mata yang keluar saat kita menangis mampu racun dari tubuh kita.
5. Pelumasan
Air mata memiliki fungsi untuk melumasi bola mata, untuk mencegah dehidrasi pada selaput mata.
Jadi mulai dari sekarang  jangan takut atau malu menangis, menangislah agar Anda sehat. Demikian beberapa manfaat menangis bagi kesehatan tubuh dan juga pikiran.

No comments:

Post a Comment

Dilarang memasang link aktif. Karena pasti akan admin hapus.