<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: Menguak Misteri Mimpi Pada Manusia

Wednesday, July 22, 2015

Menguak Misteri Mimpi Pada Manusia


Definisi Mimpi:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mimpi adalah sesuatu yang terlihat atau dialami di tidur; angan-angan.

Mimpi dalam bahasa Inggris adalah “dream”, berasal dari Bahasa Inggris Abad Pertengahan yakni “dreme, yang memiliki arti kesenangan dan musik.

Dari dulu banyak orang yang berusaha untuk menafsirkan atau meramal mimpi-mimpi, contohnya saja orang-orang di zaman Mesir Kuno. Sampai Sigmund Freud (pemikir Austria) di akhir tahun 1800-an.

Ilmu yang mempelajari mimpi adalah Oneirologi.
Hingga saat ini mimpi masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.


mimpi manusia

Lalu apa saja tema mimpi yang sering dialami oleh manusia?
Meskipun saat terbangun kita masih dapat mengingat apa yang kita mimpikan, namun itu hanya dalam persentase kecil saja. Biasanya orang akan lupa mimpinya, saat mereka terbangun di esok paginya.

Biasanya 5 menit setelah kita terbangun dari tidur kita hanya bisa mengingat 50 % mimpi kita. Lanjut di 10 menit kemudian kita hanya mampu mengingat 10 % saja jalan cerita mimpi kita.

Ada juga mimpi yang menjadi kenyataan. Meskipun orang lain mengatakan bahwa itu hanya sebuah kebetulan saja. Dikarenakan orang hanya mengingat mimpi yang menjadi kenyataan dan melupakan mimpi yang tidak menjadi kenyataan.  Ada juga yang mengatakan bahwa mimpi hanya sebuah harapan yang belum terwujud. Bisa juga sebuah kerinduan kepada seseorang atau kenangan di masa lalu. Atau sering bermimpi di suatu tempat, tempat yang pernah kita tinggali seperti rumah lama.

Ada juga tema lain seperti berkunjung ke tempat yang belum pernah kita kunjungi dan bertemu dengan orang yang belum pernah kita kenal. Namun sebenarnya tempat di mimpi kita itu sebenarnya adalah tempat yang pernah kita kunjungi sebelumnya. Hanya saja kita tidak tidak mengingatnya lagi. Logika nya selama kita hidup kita melihat ribuan wajah dan mengunjungi ribuan tempat. Dan memori otak kita mampu merekamnya dan menampilkannya kembali dalam mimpi kita.

Tentunya terkadang kita mengalami mimpi buruk yang menakutkan. Seringkali kali saat kita terbangun dari mimpi buruk, kita terbangun dengan keadaan panik dan berkeringat. Ada pendapat yang mengatakan bahwa itu disebabkan emosi dan kekhawatiran saja. Mimpi buruk terkadang memiliki keterkaitan dengan apa yang dialami saat sadar atau melakukan kegiatan sehari-hari. Mimpi juga dipengaruhi oleh keadaan hati kita yang kita bawa menjelang tidur.Ada beberapa tema mimpi buruk yang biasa dialami oleh banyak orang, yaitu kematian orang yang dicintai, atau bisa juga kehilangan barang, merasa dikejar-kejar, terlambat ke tempat atau acara tertentu, merasa badan lumpuh tak bisa digerakkan, jatuh, bermain ayunan.


Bagi para pria, mereka sering bermimpi tentang kekerasan, seperti berkelahi dengan orang lain. Sedangkan bagi para wanita biasanya bermimpi pelecehan seksual, seperti diperkosa. Sedangkan para remaja sering bermimpi tentang seksual, atau lebih dikenal dengan mimpi basah. Bisa juga bertemu dengan lawan jenis yang sangat cantik atau tampan.


Apakah orang buta bisa bermimpi?
Ternyata mereka juga mengalami mimpi, hanya saja dalam mimpi mereka, mereka tidak melihat gambar, hanya mendengar suara atau sentuhan.

Adakah Aplikasi Pengendali Mimpi
Ada sebuah pertanyaan, apakah ada orang yang bisa mengendalikan mimpinya. Ternyata ada pakar teknologi yang memiliki asumsi bahwa dengan memainkan suara burung di hutan atau gelombang air laut di pantai melalui smartphone dapat menstimulus untuk bermimpi indah.
Nama aplikasi ini bernama Dream:ON.
Aplikasi pintar yang dapat mendeteksi dan mengatur mimpi sesorang sesuai dengan keinginannya.

Pengalaman pribadi Bredmart saat bermimpi:
Banyak orang yang mengatakan bahwa mimpi hanya bunga tidur, tidak ada hubungan dengan masa depan. Ada juga yang mengatakan mimpi adalah ingatan tentang masa lalu. Aku sering mimpi rumah kami yang dulu yang berada di kenali bawah. Juga sering mimpi  tetangga sebelah (sekeluarga). Aku masih ingat, di salah satu hari di bulan Juni 2015, aku lupa mencatat tanggal berapa. Disaat aku terbangun di jam 3 subuh. Memang ada beberapa peralatan rumah yang beda seperti AC yang dulu belum ada. Tapi dari bentuk rumah dan halaman rumah di dalam mimpi sama persis seperti yang aslinya. Kalau memang mimpi hanya lah ingatan tentang masa lalu. Mengapa ada mimpi masa depan yang bisa menjadi kenyataan. Memang aku sering mimpi yang sama, mimpi rumah kenali. Oh iya aku juga ingat, malam itu aku juga mimpi teman di waktu aku sekolah dari SD hingga SMA. Dia salah satu teman terbaik ku. Rumahnya tak jauh dari rumah ku.
Jadi sebenarnya apa sih mimpi itu. Mengapa Tuhan menciptakan mimpi bagi semua umat manusia. Sungguh membingungkan. 

No comments:

Post a Comment

Dilarang memasang link aktif. Karena pasti akan admin hapus.