<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: Menganalisa 4 Tipe Kepribadian Manusia

Monday, August 3, 2015

Menganalisa 4 Tipe Kepribadian Manusia


Sebelum tahun 400 SM, Hippocrates ahli filsafat dari Yunani, mengatakan bahwa manusia terbagi menjadi empat tipe kepribadian. Kemudian teori tersebut dikembangkan oleh Galenus (ahli kedokteran) berdasarkan cairan-cairan yang terdapat dalam tubuh. 

Empat tipe kepribadian tersebut adalah:
1. Sifat basah terdapat dalam melanchole (empedu hitam) Melankolis
2. Sifat dingin terdapat dalam phlegma (lendir) Phlegmatis
3. Sifat kering terdapat dalam chole (empedu kuning) Koleris
4. Sifat panas terdapat dalam sanguis (darah) Sanguinis



Mengkaji buku Personality Plus karya Florence Litteur.
Dapat disimpulkan bahwa sifat manusia tidak lah mutlak satu tipe saja, tapi campuran dari berbagai tipe. Namun ada satu tipe yang lebih dominan dari tipe lainnya. Contohnya saya yang 55 % Melankolis, 35 %  Plegmatis, 5% Koleris, dan 5 % Sanguins. Sehingga tipe kepribadian saya adalah Melankolis atau perpaduan Melankolis-Plegmatis. Itu dikarenakan tergantung situasi atau kondisi yang sedang kita hadapi. Kita ambil contoh seorang guru, saat dia mengajar dikelas mungkin saja ia akan bersikap sangat berwibawa (koleris), namun saat di rumah bersama keluarganya dia suka bercanda tawa (sanguins). Contoh lainnya seorang wanita karir, saat bekerja di kantor ia pemikir keras (melankolis), namun saat liburan ia bersikap santai (plegmatis).

1. Melankolis (Yang Sempurna)
Tipe ini cenderung sering merasa sedih, mudah merasa bersalah, dan terkadang pesimis. Lebih sensitif, dan mudah tersinggung, mereka lebih suka mengingat hal negatif orang lain daripada hal positif. Jika pria bisa dikatakan suka kelembutan atau kurang macho, namun jika dia disakiti ia akan berubah seperti monster. Punya rasa curiga yang besar atau cemburuan. Banyak dari mereka yang pendendam, sulit melupakan kesalahan orang lain. Pribadi mereka cenderung tertutup daripada berada di dunia glamor, dan lebih suka diam daripada heboh sendiri. Mereka biasanya menghindar dari perhatian orang banyak, lebih suka menyendiri. 

kepribadian melankolis


Namun bukan berarti mereka acuh, karena mereka merupakan pemerhati yang baik. Terhadap lingkungan maupun orang –orang disekitarnya. Bahkan terkadang mereka tertarik kepada sesuatu yang dianggap aneh oleh orang lain. Sulit diprediksi, sering membuat orang lain penasaran. Mereka pandai menyembunyikan perasaan atau sulit mengungkapkan perasaannya. Ekspresi wajahnya yang selalu datar, sehingga sulit untuk menebak isi hatinya. Mereka jarang curhat, meskipun curhat itu hanya kepada orang yang sangat mereka percayai. Mereka suka menyimpan masalah sendiri, merasa mampu mengatasi masalah mereka hanya sendirian, padahal mereka tidak lah mampu. Oleh karena itu mereka sering mengalami stres, dan meluapkan emosi dengan menangis di tempat tersembunyi. 
Tipe ini sering dicap sebagai “Mr. Perfect atau perfectionist”. Dia selalu ingin semua berjalan tersusun pola, terjadwal, dan paling benci dengan kegagalan. Punya perhatian yang tinggi dan mendalam terhadap apa yang dianggap penting olehnya. Fokus terhadap fakta, data, dan angka. Dalam rapat Sanguinis cenderung sangat mendominasi pembicaraan, namun Melankolis cenderung menganalisa dan berbicara hanya hal-hal penting saja.
Mereka berhati-hati dalam mengambil keputusan, dan berpikir jauh ke depan. Suka menggunakan kata “tergantung”, karena memang banyak mereka pertimbangkan sebelum mengambil keputusan. Tidak suka basa basi. Bisa dikatakan mereka ini idealis. Dan berani mengambil tanggung jawab resiko atas apa yang telah ia perbuat. Mereka pandai menyimpan rahasia, karena sifat mereka yang tidak banyak bicara dan teguh pegang amanah. Dan suka hidup hemat (kurang royal), karena pengeluaran telah ia susun dalam daftar. Pekerjaan yang cocok: cenderung bekerja dibalik layar.
Tipe ini juga perlu diwaspadai, karena mereka sangat mahir merencanakan suatu rencana. Entah itu rencana baik maupun rencana jahat.
Para Melankolis mengharapkan orang lain untuk:
Peka terhadap perasaannya, meskipun dia suka menyembunyikan perasaannya.
Teliti dalam bekerja, karena dia tidak suka kegagalan.
Ketenangan, karena dia tidak suka kebisingan.
Tidak suka diejek atau diolok-olok.


2. Phlegmatis (Cinta Damai)
Buat apa ribut, jika bisa diselesaikan dengan cara damai. Jika berbicara dengan nada suara rendah, tidak meledak-ledak (kalem). Meskipun orang lain berbuat jahat kepadanya, ia tetap sabar dan mau memaafkan. Mereka bersedia melakukan apa yang sebenarnya tidak mereka sukai. Penurut, sulit menolak ajakan orang lain. 

kepribadian phlegmatis


Mereka bersedia menjadi pendengar yang baik, oleh karena itu banyak orang yang curhat kepadanya. Mereka memiliki rasa simpati yang tinggi, sangat perduli terhadap orang disekelilingnya. Jika melihat ada yang bertengkar dia bersedia menjadikan dirinya sebagai penengah yang bijaksana.
Phlegmatis hampir sama seperti Melankolis, tidak se-semangat Koleris maupun Sanguinis. Terkesan pemalas. Yang diinginkan mereka adalah dukungan atau motivasi.


3. Koleris (Semangat)
Hidup penuh gairah, hatinya mudah terbakar, daya juang tinggi, dan berkemauan keras (optimistis). Sikapnya yang tegas, membuatnya sering dipercayakan sebagai pemimpin. Memiliki sorotan mata yang tajam, dan sedikit menantang orang lain. Tidak suka diatur, lebih suka mengatur (superior). 

kepribadian koleris


Selalu berusaha agar orang lain menyetujui pendapatnya (terkadang terkesan memaksa). Suka berdebat, disaat orang lain berbeda pendapat dengannya, dia akan menjauhi orang tersebut. Tekad yang kuat untuk meraih prestasi yang lebih baik. Mereka haus pujian atau penghargaan. Suka tantangan, berpetualang. Kelemahan mereka adalah pemarah (cepat esmosi), sering membanggakan diri sendiri. Tidak suka air mata (kurang empatik). Workholic (pekerja keras).

4. Sanguinis (Periang)
Para Sanguinis memiliki hidup yang berwarna-warni. Bisa dilihat dari matanya yang berbinar-binar. Pakaiannya yang ngejreng, terkadang membuat orang lain menilainya norak. Dibandingkan dengan tiga tipe lainnya, tipe yang satu ini paling banyak berbicara, tertawa, dan terkadang suka usil. Bahkan saat duduk, atau rapat dia tidak bisa diam. Mereka paling sering membuka obrolan terhadap lawan bicaranya. Tidak mudah tersinggung, karena sifatnya yang suka bercanda. Oleh karena itu banyak orang yang menyukainya (eksis). Polos apa adanya dan tidak suka menyimpan dendam. Loyal atau tidak pelit. 

kepribadian sanguinis


Kelemehannya adalah terkesan kurang berwibawa. Cepat dalam mengambil keputusan, terkadang bisa sembrono. Mereka kurang suka rutinitas, atau tugas-tugas yang membosankan. Kurang suka angka atau yang menuntut detail. Karena mereka sulit berkonsentrasi.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa tipe Melankolis ulasannya banyak, tidak seperti tipe yang lain yang cukup singkat. Karena saya termasuk tipe Melankolis, jadi saya berani panjang lebar menjabarkan tipe Melankolis. Hehe...
Yang terpenting adalah: Jadi lah diri Anda sendiri.

kepribadian hipocrates


empat kepribadian


temperamen manusia

No comments:

Post a Comment

Dilarang memasang link aktif. Karena pasti akan admin hapus.