<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: Cara Cek Rangking Website di SERP Google

Tuesday, October 27, 2015

Cara Cek Rangking Website di SERP Google

Setelah kita membuat akun/domain/website. Tentunya timbul rasa ingin tahu kita tentang seberapa baik kah artikel kita di search engine. Di halaman berapa website atau blog kita di pencarian Google? 

 
Pertanyaan itu akan muncul dalam benak pikiran kita. Tapi sebelumnya kita pelajari dulu apa itu Search Engine.
Apa sih Search Engine itu?
Search Engine adalah istilah bagi para pengguna internet yakni situs mesin pencari, contohnya Google. Tapi tidak hanya Google, ada banyak. Ada Yahoo, Bing, Ask, Windows Live Search, MSN, Kosmix, Mahalo, Excite, Alltheweb, Lycos, dll. 

cek rangking blog di google


Lantas Bagaimana Cara Mengetahuinya?
Sering kali kita bertanya: “bagaimana cara cek posisi halaman artikel kita di Google?”. Iya kalau di halaman depan, kita bisa cek sendiri. Tapi jika di halaman ke sekian, apalagi lebih dari halaman ke 10. Waduh bisa pegal jari-jari kita menekan tombol next.
Mending kita pakai cara lain, dengan menggunakan website pemberi layanan cek rangking website di SERP. SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page.
Bredmart akan memberikan lima situs (gratis), ini dia:
1.      http://www.mikes-marketing-tools.com/ranking-reports/
2.      https://serps.com/tools/rank_checker
3.      http://whatpageofsearchamion.com/
4.      http://www.whatsmyserp.com/serpcheck.php
5.      http://www.sitemapdoc.com/Serp-Rank.aspx
6.       

Mari kita mulai bahas yang nomor satu, kalau saran saya gunakan situs ini saja, soalnya simple dan cepat loadingnya: http://www.mikes-marketing-tools.com/ranking-reports/

mikes-marketing-tools.com


Anda hanya perlu mengetik pada kotak yang tersedia, yakni domain website Anda, keyword yang ingin dicek, dan Anda juga bisa memilih search engine google Bing Yahoo sesuai keinginan Anda. Setelah itu klik tombol check search engine rangkings.

Pilihan ke dua, Anda bisa menggunakan website https://serps.com/tools/rank_checker
Sama seperti yang sebelumnya, Cuma lebih banyak pilihan kriterianya. Anda perlu mengetik keyword, domain, country (ada lebih dari 100 negara), search engine (hanya Google dan Yahoo), local search (kode pos), lalu pilih device (desktop atau mobile). Langkah terakhir tekan tombol check rankings. Tunggu beberapa detik.

Situs yang ketiga ialah http://whatpageofsearchamion.com/
Situs ini lebih simpel lagi, hanya perlu mengetik keyword dan URL (domain Anda). Namun ada juga pilihan Show Advanced Options (international dan Clean URL). Setelah itu klik tombol search. Gampang bukan.

Dari ketiga situs tersebut, setelah saya cek keyword salah satu artikel di blog saya. Tidak semua report tepat, ada juga yang salah perhitungan. Saya tak tahu apa saya yang kurang paham, atau memang blog saya sedang ada masalah.
Baru setelah menggunakan situs ini:
http://www.whatsmyserp.com/serpcheck.php

whatsmyserp.com


Hasil (reportnya) sangat akurat. Saran saya Anda gunakan situs ini saja.
Caranya juga hampir sama, isi kolom domain name, lalu pilih region (global atau per negara). Kolom Competition Domains: Domain 1, Domain 2, dan Domain 3, tidak perlu diisi. Itu hanya jika Anda ingin mencari tahu website saingan Anda. Lalu isi kolom kata kunci, jika Anda ingin memasukkan banyak kata kunci bisa gunakan tombol “add row”. Jika sudah, klik tombol “Check all keywords”. Tunggu beberapa detik, dan hasilnya ditampilkan.



Tapi sayangnya dari kelima layanan gratis itu, banyak yang hasil (reportnya) berbeda-beda satusama lain. Jadi sedikit membingungkan atau meragukan. Tapi ya sudah lah, namanya juga gratisan.

Tidak bisa dipungkiri jika kita sesama blogger saling bersaing dalam peringkat search engine. Kita saling berlomba-lomba dalam meningkatkan kualitas artikel dan website kita.
Memang tidak mudah untuk berada di posisi teratas (di halaman pertama Google). Butuh perjuangan dan kesabaran, waktu yang tak singkat. 

No comments:

Post a Comment

Dilarang memasang link aktif. Karena pasti akan admin hapus.