<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: Pengalaman Belanja Di Toko Online Bukalapak.com

Saturday, November 14, 2015

Pengalaman Belanja Di Toko Online Bukalapak.com


Mungkin beberapa para pembaca, sering atau minimal pernah sekali belanja di toko online. Tentunya tak asing lagi dengan istilah belanja online, e-commerce atau transaksi elektronik. Hanya dengan menggunakan gadget (handphone, tablet, komputer, dll) barang tiba di rumah beberapa hari kemudian.

 Sebenarnya ada banyak toko online (sebagai perantara antara pelapak dan pembeli) yang ada di Indonesia, seperti Bukalapak, Tokopedia, OLX, Blibli, Bhinneka, Lazada,Berniaga, Elevenia, Rakuten. Namun Bredmart ingin menceritakan pengalaman belanja online di Bukalapak.com. Bredmart tidak sedang melakukan promosi, juga bukan pegawai bukalapak.com. Boleh dicoba, boleh tidak. Kenapa bukalapak, soalnya kemanan dalam bertransaksi cukup aman. Bukalapak.com berani memberikan jaminan 100% uang kembali. Uang pembeli akan masuk ke saldo Bukadompet jika pelapak (penjual barang) tidak mengirimkan barangnya dalam jangka waktu tertentu setelah pembeli melakukan proses pembayaran.
Ok langsung saja kita bahas.

belanja online


Silahkan langsung ke websitenya di https://www.bukalapak.com/
Sebelum melakukan transaksi, ada baiknya Anda melakukan registrasi. Dengan mengisi data pribadi secara: E-mail, Nama Lengkap, Password, Jenis Kelamin, Username, atau bisa langsung dengan menggunakan akun Facebook atau Google.
Setelah itu tinggal pilih barang yang ingin dibeli. Ada banyak kategori barang yang tersedia, seperti Buku, Personal Care, Perlengkapan Bayi, Kamera, Handphone, Elektronik, Komputer, Sepeda, Fashion, dan Rumah Tangga.
Kemudian lakukan proses pembayaran. Ada banyak opsi, bisa menggunakan Kartu Kredit VISA/MasterCard, Mandiri ClickPay, Rekening ponsel CIMB Niaga, BCA KlikPay, CIMB Clicks, transfer lewat ATM, Bukadompet, dan bisa juga melalui Indomaret.
Setelah proses pembayaran selesai, pelapak akan mengirim barang ke pembeli. Kemudian pembeli akan menerima email pemberitahuan. Setelah barang diterima, pembeli dapat memberikan feedback positif maupun negatif ke si pelapak.

Nah itu kan cerita resminya, bredmart akan melanjutkan dengan cerita aslinya (berdasarkan pengalaman pribadi).
Bermula dari tanggal 31 Oktober 2015
Sahabat ku berinisial “B.J” datang ke rumah, biasa lah cerita-cerita. Dia menceritakan pengalaman dia saat membeli chasing handphone di sebuah Bukalapak.com. Dia mengaku puas dan merasa aman saat bertransaksi. Nah sejak saat itu lah, aku menjadi tertarik.
Awalnya saya cukup pesimis dan takut dengan namanya belanja online. Soalnya banyak orang menceritakan pengalaman buruk mereka saat membeli barang di toko online. Sudah menjadi rahasia umum, makin banyak penipuan di dunia maya. Dan saya baru kali ini membeli barang (buku) di toko online. Sebenarnya saya dan adik saya sudah setahun menggunakan jasa toko online. Tapi hanya sebatas menjual saja, belum berani untuk membeli. Baru kali ini saya mulai mencoba membeli barang di toko online.
Kemudian setelah sahabat ku itu pulang, aku langsung membuka situsnya. Aku suka dunia psikologi, dan ternyata di bukalapak.com banyak juga tersedia buku tentang psikologi dan pengembangan diri. Syukur lah. Soalnya saya sudah lama ingin sekali melanjutkan kuliah ke S2 untuk mengambil gelar M.Psi (Master Psikologi). Dan kalau pun nanti aku tak diizinkan Tuhan, belajar dengan dosen. Setidaknya aku masih bisa belajar dengan buku. Betul tidak.

2 November 2015
Berhubung aku suka membaca buku, aku hanya tertarik membeli buku. Padahal ada banyak kategori barang yang tersedia. Sahabat ku itu saja menyindir aku, soalnya dia beranggapan buku kurang penting. Ya terserah dia lah, aku tetap pada pandangan ku yang mengganggap buku itu benda yang luar biasa bermamfaatnya. Jam 7 pagi aku memesan buku berjudul “Menang Dalam Debat” karya Ardi Santosa dengan harga Rp22.000. Biaya Pengiriman (JNE reguler) Rp34.000. Ditambah kode pembayaran Rp908 (aku tak mengerti maksud kode pembayaran ini), jadi total aku bayar Rp56.908. Baru di jam 8 aku melakukan proses pembayaran. Aku hanya menggunakan transfer ATM salah satu bank nasional. Karena aku belum punya kartu kredit, gaptek atau kuno sekali ya aku.
Sahabat ku itu juga memberitakukan ku, jika bisa mengecek barang secara tracking melalui situs JNE. Jujur saja saya baru tahu, jika bisa check keberadaan barang pesanan.  Pagi, siang, malam aku melakukan tracking. Sangking tak sabaran.
Dari tanggal 2 November 2015 hingga 6 November 2015
Perasaan ku harap-harap cemas, terkirim atau tidak ya. Soalnya baru kali pertama, jadi masih rada takut.

6 November 2015
Tapi karena aku hobi membaca buku. Aku memesan buku lagi, padahal pesanan pertama saja belum aku terima. Jam 9 pagi aku memesan buku, tapi pelapaknya (penjualnya) beda. Langsung dua buku, biar irit biaya kirim. Buku pertama berjudul Seni Negosiasi (Secrets Of Power Negotiating) karya Roger Dawson seharga Rp91.800. Dan buku kedua berjudul Spy The Lie karya Philip Houston seharga Rp66.300. Ditambah biaya pengiriman Rp22.000 (JNE reguler). Ditambah Kode Pembayaran Rp855, jadi total Rp180.955.

Tanggal 7 November 2015
Pagi aku ke kantor JNE cabang Jambi, karena aku tak sabaran. Kata petugasnya, barang akan segera diantar, aku disuruh tunggu dirumah saja. Jam 2 siang aku menerima buku “Menang Dalam Debat”. Kemudian aku memberi feedback positif kepada si pelapak (di website bukalapak.com).
Tanggal 13 November 2015-11-13
Sore jam 3, kurir JNE mengantarkan buku pesanan ku. Akhirnya, penantian. Pelapak memberikan dua buah pemisah buku. Meskipun harganya tak seberapa, tak sedikit senang lah.

seni negosiasi roger dawson


Itu lah sedikit pengalaman bredmart belanja online. Meskipun banyak isu-isu penipuan di toko online, tapi bisnis toko online makin menjamur. Mungkin ada hubungannya dengan tren belanja masyarakat Indonesia.
Sedikit tips dari Bredmart, setiap toko online memiliki sistem keamanan yang berbeda-beda. Jadi sebelum menggunakan salah satu toko online, pelajari dahulu tingkat keamanannya.

1 comment:

Dilarang memasang link aktif. Karena pasti akan admin hapus.