<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: Aku Yang Sering Mandele (Putus Asa)

Sunday, March 27, 2016

Aku Yang Sering Mandele (Putus Asa)

Mandele adalah Bahasa Batak yang dalam Bahasa Indonesia berarti putus asa. Sejak kecil aku memang sering cepat merasa patah semangat. Meskipun terkadang aku orangnya sabar saat menunggu harapan menjadi kenyataan. Namun tak bisa dipungkiri, terkadang aku juga orang yang tak sabaran.



Dalam dunia psikologi, dan sedikit mengutip dari buku Sosial Intelligence karya Daniel Goleman. Dikatakan, jika sifat atau karakter seorang anak, tidak hanya dipengaruhi oleh gen atau keturunan (faktor dari dalam) namun juga faktor lingkungan atau pengalaman sosial (faktor dari luar).
mandele

Mengapa aku Mandele, namun tidak dengan Kakak perempuanku ataupun Adik Laki-lakiku?

Ibuku pernah bercerita (tepatnya di tanggal 6 Maret 2016) jika dulu sebelum aku lahir. Mamaku sering olahraga (gerak jalan). Namun satu atau dua hari sebelum aku lahir, Mamaku tak mau lagi gerak jalan. Waktu itu Mamaku pergi ke seorang bidan. Pergi dengan perasan putus asa, tak sabaran ingin segera melahirkan aku. Mamaku merasa "Mandele". Mamaku berkonsultasi ke bidan, menanyakan perkembangan kehamilan Mamaku.

"Sudah mau melahirkan ya bu?" tanya Mamaku ke bidan.
"Belum ini," jawab ibu bidan.

Makin kesal lah Mamaku mendengar jawaban dari bidan. Entah karena Mamaku merasa aku ini memberatkan, atau terlalu cintanya ingin segera menggendongku. Entah lah. Namun tak disangka tak lama dari itu aku segera lahir. Mamaku lupa, apakah aku lahir di hari yang sama saat Mamaku pergi ke bidan, atau pada keesokan harinya. Mungkin itu lah yang membuat aku jadi ikut-ikutan punya sifat Mandele. Ditambah lagi, aku tumbuh besar bersama Mamaku (dan anggota keluarga yang lain). Aku sering melihat sifat Mamaku yang mandele. Maka benar lah kata Daniel Goleman, baik faktor gen ataupun pengalaman sama-sama saling mempengaruhi sifat seseorang, tak bisa dipisahkan.

No comments:

Post a Comment

Dilarang memasang link aktif. Karena pasti akan admin hapus.