<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: Hari Pertama Training Kolektor Leasing Mobil

Monday, April 11, 2016

Hari Pertama Training Kolektor Leasing Mobil

Sebelum Bredmart menceritakan pengalaman, hari pertama (Senin, 11 April 2016) kerja sebagai field collector (fc) di sebuah leasing mobil (sebut saja perusahaan XXX). Ada baiknya kita lihat dulu tanggal sebelumnya.


Tanggal 7 April 2016
Sore jam 5 Mr.J (head collector) dari perusahaan leasing XXX menelepon aku, menyuruh aku agar datang di tanggal 11 April untuk mulai 3 hari training (latihan). Puji Tuhan, aku jadi kerja. Aku serahkan seluruhnya kepada Tuhan, amien. Sedikit senang, walaupun awalnya aku sedikit kecewa karena terlalu lama menunggu kabar dari mereka (aku kira sudah dibatalkan penerimaan aku). Ternyata jadi juga kerja, syukur lah. Lalu bagaimana Ranto (teman yang memberi tahukan lowongan kerja)? Aku jadi tak enak padanya.

Tanggal 9 April 2016
Aku potong rambut, biar Senin tampak rapi. Eh, rambutku pendek sekali, persis ikut akademi militer.

Singkat cerita 11 April 2016
Pagi jam 8.30 aku ke kantor XXX, seperti perintah Mr.J di hari Kamis lalu. Aku memakai baju lengan panjang warna coklat dengan celana dasar warna hitam (yang beberapa hari yang lalu aku membelinya bersama Mamaku tercinta). Aku sangat terlihat rapi dan gagah (puji diri).

training


Jangan-jangan aku terlihat seperti sales marketing. Tapi tidak lah, aku kan beda. Aku hanya kepompong yang ingin menjadi kupu-kupu yang punya sayap indah. Terbang ke mana pun aku suka.  Tak ada yang melarang, sesuka hati ku menjelajah dunia. Semoga hari ini berhasil, Bredmart. Good Luck.

Ku lihat di ruang kasir ada beberapa konsumen yang membayar angsurannya. Pukul 08.50 aku bertemu Mr.J dan aku disuruh naik ke atas (ke ruang kolektor). Ternyata aku lupa mengucapkan terima kasih kepada Mr. J (Head collector). Parah sekali aku ini. Kenapa bisa sampai lupa?

Baru aku naik ke atas dan duduk di ruang kolektor, Mr.R (coordinator collector) sedikit bernada tinggi (entah kesal atau apa, aku tak tahu juga). Padahal salah aku apa? Kerja saja belum, lalu apa salah yang telah aku perbuat?

Dia bertanya beberapa pertanyaan.
"Bisa pakai komputer?" tanya Mr.R.
"Bisa sedikit," jawabku.
"Jangan sedikit-sedikit," ujar Mr.R dengan nada tinggi.

Apa aku salah bicara? Lalu apa yang seharusnya aku katakan?
Apa iya aku harus berkata, bisa sangat. Berarti itu sombong, betul tidak? Serba salah. Apa aku harus berkata, bisa? Jangan ada embel-embel "sedikit". Cukup mengatakan "bisa".

Aku melihat karyawan kolektor, semua berbadan tegap. Hanya aku yang cungkring (kurus kering). Beratku hanya lah 45 kg. Setahu aku, aku tak pernah mencapai berat 50kg. Berarti aku harus mencari kelebihan lain yang harus ku miliki. Agar aku punya nilai jual, selain berbadan tegap. Kira-kira apa ya, kelebihan yang bisa aku miliki? Kalau galak, apa bisa aku galak? Aku saja loyo/letoy/lemah/lesu. Kalau kepintaran, aku tidak pintar-pintar amat. Aku saja belum ada hasil tes IQ yang resmi. Jadi dari mana aku bisa tahu aku pintar atau malah bodoh?

Mr. R menjelaskan tentang kerja aku nanti. Dan Mr. R menyuruh aku kenalan ke sesama karyawan di bidang kolektor. Ada sekitar enam orang di sini termasuk aku. Dimulai hari ini, dan seterusnya, aku akan terkena karma. Dulu di perusahaan sebelumnya, aku cuek (acuh tak acuh) ke karyawan baru (termasuk yang magang). Akhirnya sekarang aku sendiri yang mengalaminya. Haha.

Mengapa ya sudah menjadi budaya, dan tak bisa dihindari, aryawan baru mengalami kesulitan dalam beradaptasi?
Penyebab terbesar karyawan cepat resign, tidak betah. Padahal tak ada keinginan ku untuk berlama-lama di perusahaan ini. Tapi mengapa ada seseorang yang merasa aku ingin menggantikan posisinya? Apa ini hanya perasaanku saja?

Aku saja ingin wirausaha atau menjadi enterpreneur. Biar tidak ada yang akan mengatur, karena aku lah yang mengatur diriku sendiri. Aku yang merencanakan dan aku sendiri yang melaksanakan. Tidak perlu bertanya, meminta pendapat, ataupun meminta persetujuan. Luar biasa menyenangkan.

Aku punya impian memiliki sebidang tanah, untuk kebun. Pertama aku sebagai produsen yang menanam, lalu aku yang mengolah (dari bahan mentah menjadi bahan jadi/olahan). Kemudian aku juga yang mendistribusikannya, aku sebagai distributor. Tidak ada link yang terputus hingga barang diterima konsumen. Dan aku mendapatkan keuntungan (uang).

Tapi aku harus tetap semangat, apapun yang terjadi aku harus bertahan. Demi orang-orang yang ku sayangi. Lucu terasa, apa ini takdirku yang telah Tuhan rencanakan? Tapi aku harus merasa mereka menerima kehadiran ku di perusahaan ini. Nyaman tak nyaman, aku harus merasa nyaman.

Mrs. N (admin collector) mengajarkan aku menggunakan aplikasi intranet perusahaan XXX. Banyak sekali istilah-istilah yang tidak aku mengerti. Aku hanya manggut-manggut saja. Berharap aku akan cepat mengerti.

Aku bingung, kenapa ada orang-orang suka menganggap bodoh orang lain. Ada beberapa dari mereka yang menganggap aku tidak mengerti komputer. Padahal sejak SMP, aku sering utak-atik barang elektronik (melek teknologi). Tapi ya biar lah. Suka mereka saja lah. Aku juga tak boleh meninggi.

Lalu Mrs. N menyuruh aku menelepon customer yang menunggak pembayaran. Mungkin ada 20 orang.
"Halo, selamat siang, apa ini ibu/bapak (nama customer)?" tanyaku.
"Benar," jawabnya.
"Saya B, dari XXX (nama perusahaan leasing tempat aku bekerja), mau tanya tentang pembayaran kredit mobil ibu/bapak," ujarku pada customer.
"bla.bla.bla.bla," balas customer.

Nah, bla.bla.bla.bla itu merupakan data hasil. Lalu aku disuruh menginput data (hasil yang ditelepon) ke komputer (jaringan intranet perusahaan).

Jam 12 siang aku diizinkan pulang (makan) oleh Mrs. N.  Kebetulan perutku sudah lapar, bagus lah. Jam 1 aku ke sana lagi. Aku lanjut menelepon customer nakal.

Aku tak peduli, apakah mereka membaca blog aku ini. Bahkan seandainya pun Mr.J (firasatku).  Karena apa pun yang ku alami, akan aku tulis (meskipun beberapa ada yang tidak aku posting, demi privacy).

Semoga lancar kerjanya ya Bredmart, ingat Mama....

No comments:

Post a Comment

Dilarang memasang link aktif. Karena pasti akan admin hapus.