<!--Can't find substitution for tag [blog.pagename]--> Tips Info Blog Cinta

Tips Info Blog Cinta: Melaporkan Blog Copy Paste Ke Google DMCA

Tuesday, May 30, 2017

Melaporkan Blog Copy Paste Ke Google DMCA

Sebagian dari postingan ini merupakan re-post (posting ulang). Tanggal 9 Juli 2017, aku edit (sebagian postingan yang lama dihapus dan sebagian ditambah). Soalnya dulu, saat aku memposting tulisan dengan judul: "Melaporkan Blog Copy Paste Ke Google DMCA" yang aku posting di tanggal 30 Mei 2017. Lalu aku berpikir ulang dan akhirnya aku membatalkannya (postingan tersebut kembali ke draf blogger ku, waktu itu postingan tersebut baru satu kali dilihat pengunjung). Karena  pengajuan belum disetujui Google DMCA. Jadi istilahnya cari aman dulu. Nah sekarang saat aku tahu pengajuan Google DMCA aku sudah disetujui, berarti hingga saat ini Google DMCA masih membela blog aku (https://bredmart.blogspot.com/).


Semua bermula dari: Sore hari, Jumat 19 Mei 2017. Saat aku browsing di google. Aku menemukan ada akun blogger yang banyak mengambil (copy-paste) dari blog aku. Lalu aku melaporkannya ke google (DMCA).
.........................................

Pastinya sangat kesal saat tahu artikel di blog kita di copy paste oleh blog lain. Atau biasa disebut duplikat konten. Ingin marah tapi tak bisa. Ingin menghapus blog orang itu, juga tak bisa. Sudah ditegur, tapi tidak memberikan tanggapan. Satu-satunya cara ya dengan melaporkannya ke Google (DMCA).

Apa itu Google DMCA? DMCA merupakan singkatan dari Digital Millennium Copyright Act (DMCA)  atau dikenal juga DMCA Takedown. Penjelasan sederhananya, DMCA merupakan layanan perlindungan hak cipta. Kalau kalian mau coba langsung saja di:

https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice.

Google dmca


Cukup mudah, hanya isi formulir dengan data asli. Apalagi signature jangan asal, karena google bisa tahu.

Dan ada yang berkata, jika ada sebuah blog yang sudah dilaporkan, artikelnya dihapus dan masih mengulangi lagi perbuatannya, maka google tidak akan segan-segan menghapus akun blog yang maling tersebut. Bagus lah, biar jera.

Ok, langsung saja ke pengalaman yang mana banyak artikel di blog https://bredmart.blogspot.co.id/ yang di copy paste di http://bl*g-tenta*g-cint*.blogsp*t.co.id/
(beberapa kata sengaja disensor)

Aku belum menghitung secara pasti sudah berapa artikel aku yang di copy paste dia. Aku menduga ada ratusan artikel.

Bredmart sudah mencoba mengingatkan dia, tapi dia tidak memberikan respon. Akhirnya dengan sangat terpaksa, bredmart mengambil inisiatif melaporkan blog tersebut ke Google. Dan mendapat email balasan di hari Kamis, 25 Mei, 2017 02:16.
Ini screenshot nya:

Email balasan


Intinya permohonan aku ditolak. Karena aku orangnya tidak mau pantang menyerah, aku ajukan lagi permohonan. Aku berusaha memperbaiki permohonan aku, mungkin ada yang salah. Dan sekali lagi aku mendapat email balasan dengan kata-kata yang sama di hari Sabtu, 27 Mei, 2017 02:08.
Tak mau berhenti, aku coba untuk ketiga kalinya. Dan ternyata akhirnya permohonan aku tetap tidak disetujui oleh google.

Di 28 Mei 2017 aku mengajukan lagi, permohonan yang ke empat. Kali ini aku langsung melaporkan 13 artikel aku yang juga di copy paste. Semoga disetujui ke tiga belas itu. Mungkin ada yang bertanya:" mengapa hanya melaporkan 13, katanya ada ratusan?"
Soalnya lelah juga, menlaporkan langsung sekali banyak, mana waktu itu jaringan internet lagi lemot. Masih banyak link dia yang belum aku laporkan, hanya tinggal menunggu waktu saja. Bukan berarti aku jahat. Tapi memang itu konsekuensi jika punya sifat plagiat. Kalau hanya copy paste sedikit, masih bisa diampuni. Tapi dia copy paste 100 persen, bulat-bulat tanpa edit. Menjengkelkan bukan? Jadi wajar saja aku emosi tingkat tinggi.

Kalau punya blog tapi cuma bisa copy paste dari blog orang lain, mendingan tidak usah buat blog. Makanya bagi kalian yang ingin copy paste blog aku, mending jangan. Pasti akan aku laporkan ke Google (DMCA).

Blog bredmart.blogspot mungkin tidak menarik, tapi orisinal (karya sendiri). Buktinya belum ada aku dapat teguran dari Google (DMCA).

Ada yang lucu. Blog dia saja belum diganti dari http ke https, padahal sudah banyak blog yang melakukan perpindahan. Jadi terbukti jika bl*g te*tang c*nta masih pemula. Belum terlalu banyak tahu tentang dunia blog.

Yang hebatnya, dia menggunakan tanggal yang sama saat aku memposting. Apakah sebuah kebetulan, dia selalu update setiap aku posting?
Atau kah dia memundurkan tanggal dia memposting?
Aku tidak perduli, karena google punya rekam data. Jadi google tidak bisa ditipu oleh blog pencuri.

Aku jadi penasaran, siapa kah pemilik akun blog tersebut? Apakah dia salah satu dari orang yang ku kenal? Entah lah, sulit untuk dibuktikan.


Nama profil blog dia: "Chr*st*li* CNM (disensor)".

Seingat aku, aku tidak punya kenalan yang nama tersebut. Apa itu nama samaran? Ada seorang wanita yang pernah aku kenal yang namanya mirip. Namanya Crusk4.
Apa mungkin dia? Entah lah.

Lalu foto profilnya dia wanita, meskipun aku menduga foto tersebut hanya lah gambar animasi (kartun), bukan wajah asli. Bisa juga dia sebenarnya pria, yang menyamarkan diri sebagai wanita. Yang mungkin dendam ke aku. Ada seorang pria yang dulu pernah mendekati kakak perempuanku. Nama pria itu adalah C4l0mh0. Dia mungkin mulai copy paste blog aku sejak dia tidak lagi menjalin hubungan dengan Kakakku. Atau mungkin sejak dia meninggalkan kotaku untuk pulang ke kampung dia. Karena kata Kakakku, C4l0mh0 pulang ke kampungnya untuk membantu orangtuanya yang sudah sangat tua renta. Tapi aku kurang yakin dia orangnya. Soalnya dia orangnya preman dan bukan tipe cengeng kayak aku. Meskipun mungkin saja orang yang terlihat tegar di luar padahal rapuh di dalamnya.  Lagipula apa iya dia melek internet?

Tapi aku yakin dia itu wanita. Yang suka dunia cinta dan kisah cengeng. Apa mungkin Jojo (L4ria Ci4han). Wanita yang suka aku, tapi aku tak suka dia. Haha bredmart sok kegantengan.

Atau bisa jadi dia seseorang yang benar-benar tidak ku kenal. Dia pun mungkin tidak kenal aku. Soalnya dia pernah memposting tentang suatu kebiasaan dalam sebuah bulan yang terdapat di sebuah agama. Berarti agama dia berbeda dengan agama aku. Sebelum copy paste blog aku, dia suka menulis tentang cinta, memang sesuai nama blog dia.

Jadi intinya aku sangat senang, satu link dari blog yang copy paste dari blog aku, menerima hukuman dari Google.

....................

9 Juli 2017 saat Bredmart iseng-iseng buka google. Mendapatkan tulisan berikut:

Keluhan dmca



Sebagai jawaban atas keluhan yang kami terima berdasarkan US Digital Millennium Copyright Act, kami telah menghapus 1 hasil penelusuran dari laman ini. Jika mau, Anda dapat "membaca keluhan DMCA" yang menyebabkan adanya penghapusan ini di LumenDatabase.org.


Saat aku klik sebuah link "membaca keluhan DMCA" , aku masuk ke
https://www.lumendatabase.org/notices/14557706#

Senang luar biasa. Selanjutnya akan melaporkan artikel lain yang di copy paste dari blog aku (bredmart.blogspot.com).

Akhirnya berhasil juga. Entah sudah berapa kali aku mengajukan permohonan ke Google DMCA. Aku juga tak tahu sejak kapan blog tersebut mulai dihapus dari penelusuran mesin Google.

Intinya aku senang sekali, dan berterimakasih kepada Google yang sidah menghapus blog tukang copypaste banyak tulisan di blog aku. Karena Google pasti tahu blog mana yang duluan upload ke Blogspot/Google.

Bagi kalian yang sudah ataupun ada niat untuk copy paste blog aku, bersiap-siap lah akan aku laporkan ke Google DMCA. Hahaha (senang dapat hadiah motor baru).

No comments:

Post a Comment

Dilarang memasang link aktif. Karena pasti akan admin hapus.